5 Bulan Jokowi Jadi Presiden: Jakarta Masih Banjir, Jakarta Masih Macet

Posted on

Alasan Jokowi – dulu – masuk dalam bursa Capres salah duanya adalah agar lebih mudah atasi masalah di Jakarta, yaitu: Banjir dan Macet. Sebagian rakyat pun ada yang percaya dengan alasan Jokowi kala itu. Tak lama, suami Iriana itu jadi Presiden Republik ke 7 dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Waktu sudah berjalan selaman 5 bulan, Ibu Kota Jakarta masih juga banjir dan macet. Sedang Jokowi sebagai orang pernah berjanji akan tuntaskan masalah macet dan banjir sudah “kabur” pindah ke Istana Bogor. (Baca, Jokowi Pindah Istana ke Bogor, Tukang Becak Sengsara)

Apa mungkin itu cara Jokowi mengatasi masalah banjir? Ya, dengan meninggalkan ibu kota Jakarta. Padahal warga Jakarta pastinya masih banyak berharap kepada Jokowi tinggal di Jakarta dan merasakan macet dan bajir bersama. Lantaran sebagain besar warga Jakarta-lah yang sejak awal mendukung Jokowi jadi Gubernur yang otomatis memudahkannya jadi Presiden.

Terkait dengan banjir dan macet Jakarta, menurut laporan Rol (21/3), sejumlah ruas jalan di Jakarta hingga Jumat malam (20/3) mengalami kemacet parah pasca hujan deras yang menimbulkan genangan.

Berdasarkan pantauan sejumlah titik di ruas jalan tol dalam kota di dua arah berlawanan mengalami kemacetan panjang dan kendaraan hanya dapat dipacu kurang dari 30 kilometer (km) per jam.

Hingga pukul 23.00 WIB, antrian panjang tampak di ruas jalan di sekitar Tegal Parang, Jakarta Selatan, ke arah perempatan Kuningan atau Jalan Kapten Tendean. Sebelumnya antrian panjang kendaraan juga tampak dari arah Jalan MT Haryono menuju Patung Pancoran.

Kemacetan panjang juga tampak di daerah sekitar putaran Semanggi. Jika ruas Jalan Jendral Sudirman mengarah ke Blok M terdapat antrian panjnag, arah menuju Jalan MH Thamrin justru lengang.

Antrian panjang tampak terjadi di Jalan MT Haryono terutama di sekitar terowongan MT Haryono. Genangan cukup tinggi menghambat kendaraan untuk melalui jalan tersebut, sehingga kemacetan tidak terhindarkan.

Berdasarkan informasi dari Traffic Management Center (TMC), kemacetan parah mulai terjadi stelah hujan lebat yang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta sejak pukul 19.00 WIB.

Genangan dan banjir juga mulai terjadi di sejumlah titik di Jakarta seperti di Kawasan Perumahan Kampung Pulo Jatinegara, Simpang Garuda TMII dengan ketinggan sekitar 30 cm, Underpass Halim 40 cm, Jalan DI Panjaitan depan Gedung Wika 40 cm, Jalan Pramuka samping Polsek Matraman 30 cm, Jalan Soepomo di depan Hotel SofyanInn Tebet 50 cm, dan Jalan Lapangan Pos depan Stasiun Tebet 25 cm.

Sejumlah petugas polisi lalu lintas tampak mengatur di beberapa lokasi terjadi kemacetan seperti di ruas Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di kolong Jembatan Semanggi, demikian Rol mengabarkan.

Oh, mungkin Jokowi baru bekerja selama 5 bulan jadi presiden. Kan masih ada waktu lagi, Berikan Jokowi waktu untuk bekerja. Mungkin di 6, 7, 8, 9 bulan atau sampai 5 tahun Jokowi bekerja masalah banjir Jakarta dan macet bisa teratasi. [sal]
 
 

Silahkan Berkomentar