BBM Naik Masak Pertamina Rugi USD $212 Juta?

Posted on

Malangnya bangsa ini dipimpin oleh pemimpin yang tidak berkompeten, bahkan dunia internasional mulai memberi penilaian bahwa di era kepimpinan jokowi ini adalah yang terburuk sepanjang sejarah karena banyak janji yang tidak terealisasi. Apakah ini dampak dari prematurnya seorang pemimpin yang mulanya wali kota solo tiba-tiba jadi presiden bisa dibilang ini adalah kagetan, jokowi kaget kali ya?

Aneh belakangan ini harga BBM terus mengalami kenaikan bertahap, sepertinya harga premium perlahan pun akan dikembalikan ke harga Rp 8000/liter, benar-benar membuat bingung. Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto menyatakan, baru dua bulan, yakni Januari-Februari 2015 PT Pertamina (Persero) sudah mencetak kerugian hingga 212 juta dollar AS.

“Laba bersih Januari 2015 adalah minus 107 juta dollar AS, dan laba bersih Februari 2015 adalah minus 105 juta dollar AS. Jadi, dua bulan total laba bersih minus 212 juta dollar AS,” kata dia, Selasa (7/4/2015).

loading...

Dwi melaporkan, sektor hulu masih mencetak laba besih 130 juta dollar AS, sektor energi baru terbarukan mencetak laba bersih 40,9 juta dollar AS, dan sektor lainnya masih untung 2,5 juta dollar AS, tapi kerugian Pertamina di sektor hilirnya mencapai 386 juta dollar AS.

Dwi menuturkan, kerugian Pertamina juga disebabkan adanya efek beban inventory. Adapun realisasi pendapatan Pertamina pada hingga Februari 2015 mencapai 6,864 miliar dollar AS.

“Kalau dilihat target pendapatan di RKA sebesar 49 miliar dollar AS. Target ini lebih rendah dari realisasi 2014, karena harga jual yang lebih rendah,” ucap Dwi. Sepanjang 2014 lalu, Pertamina berhasil membukukan pendapatan mencapai 71,1 miliar dollar AS.

 
 

Silahkan Berkomentar
Loading...
(Visited 34 times, 2 visits today)
Loading...