Ingin Tukar Rupiah Menguat? Lakukan Langkah Ini

Posted on

Jokowi sedang pidato
Setiap permasalahan yang terjadi pasti ada solusinya. Begitu juga dengan permasalahan ekonomi Indonesia yang terus melemah hingga saat ini. Meski pemerintah belum mau mengakui kondisi Indonesia di landa krisis, tapi kenyataan pahit tak bisa di tepiskan. Seperti, PHK yang terus terjadi tanpa ada solusi konkrit, mata uang rupiah yang terus alami pelemahan, harga-harga kebutuhan terus meroket, dan lain sebagainya.

Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memintan pemerintahan Jokowi-JK untuk berhenti menyalahan pihak lain. (Baca, Ekonomi Melemah, SBY Minta Jokowi-JK Bisa Berhenti Salahkan Orang Lain)

Nah, sekarang-lah saatnya bagi Indonesia untuk merumuskan solusi konkrit apa untuk mengatasi permasalahan mata uang garuda yang terus terpuruk?

Dilansir ROL, Sabtu (29/8/2015), untuk memperkuat nilai tukar rupiah terhadap dolar, masyarakat diminta  untuk melepas dan membelanjakan dolarnya agar jumlah dollar di pasar meningkat. Sehingga nilai mata uang rupiah menjadi menguat.

   

Pengamat ekonomi UIN Jakarta, Anwar Abbas mengatakan masyarakat dan aparat pemerintah juga diminta untuk mengurangi perjalanan ke luar negeri agar penghematan devisa dapat dilakukan.  “Masyarakat dan pemerintah juga harus meningkatkan pengeluaran dan permintaannya terutama terhadap barang-barang produksi dalam negeri,” ujar Anwar Abbas kepada Republika, Jumat (28/8).

Ia menjelaskan, pemerintah juga harus memberi insentif pajak terhadap usaha kecil dan menengah dan terhadap usaha yang mendatangkan devisa. Hal ini agar jumlah rupiah dan dolar di pasar menjadi meningkat.  Selain itu, pemerintah harus memfasilitasi dan mendorong perdagangan antar daerah, dari daerah yang surplus ke daerah yang minus .

Ia melanjutkan, pemerintah juga harus memberikan perhatiannya terhadap usaha-usaha yang mendorong meningkatnya permintaan masyarakat terhadap produk-produk substitusi impor.

[sal]
 
 

Silahkan Berkomentar
(Visited 40 times, 1 visits today)
Loading...