Ini Dia Sosok Menteri Berjilbab Pertama di Turki

Posted on

Aysen Gurcan
Sejarah baru terukir bagi dunia politik dan keislaman di Turki. Seorang perempuan Muslim berjilbab ditunjuk menjadi menteri untuk pertama kalinya.

Dilansir OnIslam, Ahad (30/8), Aysen Gurcan, seorang akademisi berumur 52 tahun, diangkat pada 28 Agustus menjadi menteri yang bertanggung jawab pada bagian keluarga dan sosial kebijakan.

Gurcan akan bekerja dalam pemerintahan sementara Perdana Menteri Ahmet Davutoglu yang akan menjalankan pemerintahan sampai dengan pemilu 1 November. Ia adalah anggota dewan Yayasan Pemuda dan Pendidikan (TURGEV).

Hal ini menjadi langkah yang baik bagi umat Islam Turki, khususnya perempuan Muslim yang berjilbab. Sejak kudeta militer tahun 1980, jilbab sebagai identitas Muslim perempuan telah dilarang dikenakan di depan umum, universitas, sekolah, dan gedung-gedung pemerintahan.

   

Pada 2008, Partai Keadilan dan Pembangunan Erdogan (AK) melewati perubahan konstitusi mengurangi pembatasan jilbab di universitas. Kemudian pada bulan November 2012, Turki telah mencabut larangan selama puluhan tahun mengenakan jilbab di sekolah-sekolah Islam.

Editor: Rajali
Sumber: Republika
 
 

Silahkan Berkomentar
(Visited 132 times, 2 visits today)
Loading...