Menaker Hanif Bantah Ada Serbuan Tenaga Kerja Asing ke Indonesia

Posted on

Menaker Hanif
Pemerintah Jokowi melalui Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri membantah adanya serbuan tenaga kerja asing (TKA) ke Indonesia seperti informasi yang berkembang di tengah masyarakat.

Total pekerja asing di Indonesia hanya sekitar 70.000 orang ribu. Jumlah ini sangat sedikit dibanding angkatan kerja di dalam negeri sebanyak 129 juta dan  total penduduk Indonesia sejumlah 240 juta, sebuah argumentasi yang disampaikan Hanif.

“Itu artinya perbandingan dengan tenaga kerja asing 0,1 persen saja tidak ada. Kalau dikatakan serbuan, ini dari mana serbuannya,” ujar Menaker Hanif dilansir Kompas.com, Senin (31/8/2015).

Untuk itu, masih menurut Kompas, Hanif meminta semua pihak tidak menakut-nakuti rakyat Indonesia soal serbuan pekerja asing. Hanif pun minta agar rakyat diberikan informasi yang mencerahkan, bukannya informasi yang tidak baik.

Hanif memberikan ilustrasi perbandingan dengan Malaysia. Negeri jiran itu mempunyai penduduk sebanyak 27 juta, namun orang Indonesia yang di Malaysia mencapai 1,2 juta. Atau bandingkan dengan Singapura dengan jumlah penduduk sebanyak 5 juta dengan tenaga kerja asing sebanyak 1 juta, hampir 20 persen.

“Coba bandingkan pula dengan Qatar, atau Uni Emirat Arab yang penduduknya sekitar 45 juta, tetapi tenaga kerja asingnya separuh dari total penduduk mereka. Nah, sementara di kita itu hanya 0,1 persen saja tidak ada, “kata Hanif.

[sal]
 
 

Silahkan Berkomentar
loading...
(Visited 84 times, 2 visits today)
Loading...