Menko Luhut: Proyek Tiongkok Banyak, Tak Salah Pekerja Tiongkok Datang

Posted on

Luhut Pandjaitan sedang wawancara
Isu pekerja asal Tiongkok memang tiada habisnya. Jika beberapa waktu lalu Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri angkat bicara soal Tenaga Kerja Asing, kini Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan turut buka suara mengenai isu tenaga kerja asal Tiongkok ‘menyerbu’ Indonesia. Menurutnya hal itu tidak benar.

Dilansir Detikcom, Senin (31/8/2015), Luhut menjelaskan, jumlah tenaga kerja Tiongkok yang ada di Indonesia sebanyak 13 ribu orang. Angka tersebut sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah tenaga kerja asing yang ada di Indonesia.

“Saya minta rumor itu tidak dikembangkan. Tidak ada pekerja dari Tiongkok yang berbondong-bondong datang kemari,” ujar Luhut di Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (31/8/2015).

   

Luhut mengakui, memang ada beberapa pelanggaran terkait tenaga kerja Tiongkok itu. Menurutnya pelanggaran tersebut tidak berdampak besar.

“Memang ada beberapa pelanggaran, tapi pada umumnya yang masuk adalah tenaga ahli,” tuturnya.

Menurut Luhut, tidak ada yang salah jika banyak tenaga kerja China yang datang ke Indonesia. Sebab Banyak proyek di Indonesia yang berasal dari negeri ‘Tirai Bambu’ tersebut.

“Karena proyek Tiongkok itu banyak, tidak salah juga mereka (pekerja Tiongkok-ed) datang. Tapi jumlah waktu kerjanya dibatasi Keimigrasian dan Kemenaker,” tutupnya.

[sal]
 
 

Silahkan Berkomentar
(Visited 85 times, 2 visits today)
Loading...