Asap Indonesia Repotkan Negara Singapura dan Malaysia

Posted on

Malaysia dan Singapura kena asap kiriman dari Indonesia
Kabut asap yang semakin pekat tak hanya membuat warga Indonesia yang merasakan dampak negatifnya. Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga ikut repot juga. Jika kejadian ini tidak segera teratasi, tidak mustahil hubungan bilateral Indonesia ke negara tetangga akan terganggu hanya karena asap.

Dilansir bbc.com, Selasa (15/9/2015), Kementerian Pendidikan Malaysia memerintahkan semua sekolah di Kuala Lumpur, Selangor, Putrajaya, Melaka dan Negeri Sembilan ditutup Selasa ini (15/09) menyusul Indeks Pencemaran Udara di lima kawasan bertambah buruk akibat kebakaran hutan di Indonesia.

“IPU (Indeks Pencemaran Udara) menghampiri 200. Semua sekolah di Selangor, Kuala Lumpur, Putrajaya, Negeri Sembilan dan Melaka ditutup esok 15.9.2015,” demikian pernyataan Kementerian Pendidikan sebagaimana dilaporkan kantor berita Bernama.

Pengumuman itu sejalan dengan pernyataan sebelumnya oleh Menteri Pendidikan Datuk Seri Mahdzir Khalid bahwa sekolah akan ditutup apabila IPU mencapai tingkat 200.

Asap akibat kebakaran hutan di Indonesia memperburuk polusi udara di Malaysia dan Singapura. Di Singapura indeks polusi meningkat menjadi 222 pada Senin kemarin (14/09).

Di Indonesia sendiri, kualitas udara di Kota Pekanbaru dan Palembang pada Senin masuk kategori berbahaya seiring dengan meningkatnya jumlah titik api di Sumatra. Setidaknya, tercatat 1.143 titik panas di pulau itu.

[sal]
 
 

Silahkan Berkomentar
loading...
(Visited 46 times, 1 visits today)
Loading...