Betulkah Jokowi Habiskan Rp 3 Miliar Tiap Blusukan?

Posted on

Jokowi di kampung Pulo tahun 2012
Blusukan memang menjadi kebiasaan Presiden Jokowi dalam membangun kedekatan dengan rakyat. Meski banyak yang menilai positif, tapi tidak sedikit juga pihak yang mengkritisi blusukan yang dilakukan mantan Wali Kota Solo itu. Sampai-sampai kritik yang dilayangkan mengarah kepada jumlah uang negara yang dihabiskan Jokowi ketika blusukan. Betulkah Jokowi habiskan Rp 3 Miliar tiap melakukan blusukan?

Dilansir JPPN, Jum’at (18/9/2015), Politikus Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono membeberkan nominal yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo tiap blusukan ke berbagai daerah. Nominalnya ternyata cukup mencengangkan.

Jokowi, sapaan karib Joko Widodo bisa menghabiskan dana miliaran. Nominal tersebut digunakan untuk berbagai keperluan. Di antaranya ialah biaya pengamanan.

   

“Bila presiden datang ke daerah, berapa ribu tentara dan polisi yang mengamankan? Bisa tiga ribu personel. Kalau anggaran personel sektor pengamanan saja Rp 100 ribu, itu sudah Rp 3 miliar anggarannya. Belum lagi biaya-biaya fasilitas transportasi udara dan darat,” kata Bambang, Jumat (18/9).

Dia menambahkan, Jokowi bisa pergi ke berbagai penjuru tanah air atau luar negeri dua kali dalam sepekan. Intensitas yang sama juga terjadi pada para menteri yang duduk di Kabinet Kerja.

“Mari kita buka berapa anggaran pemerintah untuk pergi ke luar negeri. Di kementerian, dalam satu bulan bisa lebih dari sepuluh kali ke luar negeri. Presiden dalam seminggu bisa dua kali ke luar kota atau luar negeri,” tegas Komisi VI DPR RI tersebut.

[sal]
 
 

Silahkan Berkomentar
(Visited 36 times, 1 visits today)
Loading...