Derita Sakit, Adnan Buyung Cuma Bisa Berkomunikasi Melalui Tulisan

Posted on

Adnan Buyung Nasution

Lama memang tak terdengar kabar tentang Advokat senior Adnan Buyung Nasution yang akrab disapa Bang Buyung. Indonesia pasti merasa kehilangan sosok beliau yang punya ciri khas.

Publik terkejut dengan kabar terbaru mantan Watimpres era Presiden SBY ini. Dilansir Berita Satu, Minggu (20/9/2015), rupanya Bang Buyung saat ini tengah menjalani perawatan jantung di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI). Si abang yang kini telah berusia 81 tahun menjalani perawatan sejak Senin (21/9) sehari sebelum menjalani cabut gigi.

“Seminggu ini masuk RSPI karena sakit gigi. Setelah operasi hari Selasa (22/9) beliau tidak mau makan kecuali mengonsumsi makanan cair sehingga asam lambungnya naik dan merembet ke jantung,” kata putri Buyung yang juga advokat, Pia Akbar Nasution, kepada SP, di Jakarta, Minggu (20/9).

Kondisi Buyung sejauh ini, lanjut Pia, sadar dan bisa berkomunikasi dengan cara menulis mengingat yang bersangkutan mengenakan alat bantu pernapasan yakni, ventilator.

   

“Beliau menggunakan ventilator sejak pagi tadi namun kondisinya sadar, bisa berkomunikasi tetapi dengan tulis tangan,” kata Pia.

Menurutnya, sakit yang dialami Bang Buyung tak lepas dari rekam darah tinggi yang diidap Buyung sejak 1974. Obat kontrol yang rutin dikonsumsi berujung pada gagal ginjal sehingga pejuang HAM itu menjalani operasi Desember 2014.

Keluhan terakhir adalah sakit gigi yang tak kunjung sembuh dan memaksa Bang Buyung menjalani operasi cabut gigi. Pia mengatakan, Bang Buyung tidak sampai menjalani operasi jantung karena dokter hanya memantau denyut jantung yang bersangkutan.

“Tidak sampai operasi hanya dokter mau memantau ritme jantung beliau. Mohon doanya saja,” ujarnya.

[sal]
 
 

Silahkan Berkomentar
(Visited 45 times, 1 visits today)
Loading...