Inilah Delapan Bursa Calon Gubernur DKI Jakarta 2017

Posted on

Jakarta Banjir

Pesta demokrasi di DKI atau yang di kenal dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta masih dua tahun lagi. Namun demikian, semangat kompetisi dan kesemarakannya sudah terasa mulai dari sekarang. Hal itu ditandai dengan munculnya beberapa nama tokoh nasional yang akan dicalonkan.

Nama-nama yang digadang menjadi calon pun dinilai cukup familiar. Mulai dari gubernur saat ini Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini hingga Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, serta pengamat ekonomi Sandiaga Uno yang juga kader Partai Gerindra. Bahkan, yang terbaru dan sudah menyatakan siap maju dalam Pilgub 2017 mendatang adalah Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault.

Dilansir dari Rol, Senin (21/9/2017), berikut delapan nama yang mencuat sebagai calon kandidat Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub 2017:

Basuki Tjahaja Purnama

ahok2

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menegaskan dirinya akan maju di pemilihan gubernur (Pilgub) DKI 2017 mendatang. Alasannya untuk maju lagi adalah untuk membuktikan bahwa dirinya masih berpeluang menang.

“Harus maju dong. Supaya buktiin sama Taufik (Wakil Ketua DPRD DKI), laku nggak laku, minimal aku lebih laku daripada dia lah,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (4/9).

Menurut Ahok, suatu kebanggaan apabila bisa dipilih kembali oleh rakyat. Dibanding harus dipilih langsung oleh presiden. Hal ini sesuai rencana revisi UU Nomor 29 Tahun 2007, di mana rencananya gubernur DKI Jakarta akan dipilih presiden.

Dia menyebut ide revisi tersebut sudah lama diusulkan sejak zaman Sutiyoso yang menjabat gubernur. Sutiyoso menginginkan gubernur DKI Jakata dipilih langsung oleh presiden. Dengan begitu, jabatan gubernur bisa menjadi setara menteri.

Hanya DKI Jakarta, ujar dia, yang pemilihan gubernurnya seperti kualifikasi presiden. Namun ia mengaku tetap lebih setuju dipilih oleh rakyat. “Kalau buat saya pribadi sih saya lebih suka dipilih rakyat dong. Lebih keren dong dipilih rakyat,” ujarnya.

Selanjutnya >>

Silahkan Berkomentar
loading...
(Visited 280 times, 16 visits today)
Loading...