‘Jamaah Haji Saling Dorong Jadi Sebab Insiden Mina’

Posted on

Arsyad Hidayat
Pihak pemerintah Indonesia melalui petugas haji di Arab Saudi, yakni Kepala Daerah Kerja Makkah langsung memberikan keterangan terkait insiden di Mina. Menurut Kadaker Makkah, Arsyad Hidayat, jemaah yang akan melakukan lempar jumroh saling dorong-dorongan sehingga insiden tak terhindarkan.

“Pertama ingin kami sampaikan berita Mina benar adanya terjadi. Terjadi di Jl Arab 204 dan waktu terjadi pukul 07.30 pada saat jemaah akan melakukan jumroh aqabah,” kata Arsyad di Mina, Kamis (24/9/2015), seperti dilansir detikcom.

Arsyad menjelaskan, saat para jemaah berjalan menuju tempat melempar jumroh, tiba-tiba jemaah di bagian depan berhenti. Jemaah bagian belakang yang sudah tak sabar ingin melempar jumroh lalu mendorong-dorong.

   

“Diduga terjadi akibat adanya akan melakukan jumroh aqabah tiba-tiba terhenti jemaah dari belakang mendorong jemaah,” jelasnya.

Hingga saat ini, jumlah korban jiwa mencapai 310 orang. Dari jumlah itu, kebanyakan merupakan orang tua dan perempuan.

“Banyak orang tua dan perempuan jadi korban. Tim kami sudah turun di TKP. Sudah kami kirim ke Mina banyak korban-korban dievakuasi ke RS tersebut,” tuturnya.

[sal]
 
 

Silahkan Berkomentar
(Visited 59 times, 1 visits today)
Loading...