Kemenlu RI Konfirmasi Adanya Satu Jammah Haji Indonesia Tewas di Tragedi Mina

Posted on

insiden Mina 2015
Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Indonesia mengkonfirmasi insiden yang terjadi saat ritual ibadah haji di Mina, Arab Saudi, Kamis (24/9) telah menewaskan sedikitnya satu warga negara Indonesia (WNI).

Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir  mengatakan, sampai saat ini pihaknya telah melakukan pengecekan ke rumah sakit Mina dan ditemukan satu WNI meninggal dunia. ‘’Tetapi kami belum mendapatkan info nama dan asal WNI tersebut,’’ katanya kepada Republika, Kamis (24/9) petang.

Saat ini, kata dia, Konsulat Jenderal (Konjen) Indonesia di Jeddah dan Kuasa Usaha ad Interim (KUAI) Riyadh ada di lokasi membantu cek ke rumah sakit Mina untuk mengetahui ada tidaknya tambahan korban WNI lainnya. Ia menambahkan, saat ini korban diperkirakan sebanyak 320 orang tewas dan 300 luka-luka.

‘’Sebagian besar korban adalah jamaah dari Mesir dan Afrika. Angka korban tewas dan luka ini masih bisa berubah,’’ ujarnya.

   

Menurut laporan Kemenlu, insiden terjadi di jalan menuju tempat lontar jumrah diantara tenda-tenda Mina. Awal kejadian karena ada sekelompok jamaah yang tiba-tiba berhenti. Sehingga terjadi penumpukan dan desak-desakan. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 07.00 pagi waktu setempat.

Editor: Wira
Sumbe: Republika
 
 

Silahkan Berkomentar
(Visited 42 times, 1 visits today)
Loading...