Kenapa Pertamina Ngotot Tak Mau Turunkan Harga Premium? Ini Alasannya

Posted on

Aturan PP yang bisa buat harga BBM Indonesia lebih mahal di dunia
Harapan sebagian besar rakyat Indonesia – terutama wong cilik – agar harga premium turun mustahil akan terjadi. Hal ini karena sampai sekarang Pertamina masih mengalami kerugian.

Dilansir laman Vivacoid, Senin (28/9/2015), PT Pertamina menyatakan perseroan belum akan melakukan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Sebab, saat ini harga BBM dengan jenis premium masih berada di bawah harga keekonomian.

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, Senin 28 September 2015, mengatakan pihaknya belum akan mengeluarkan kebijakan untuk menurunkan harga BBM subsidi dalam waktu dekat.

   

“Dalam posisi sekarang, penjualan Pertamina untuk premium masih mengalami minus sekitar dua persen dari nilai keekonomian. Artinya, posisi premium, kami masih dua persen minus dari nilai keekonomian sesuai dengan formula yang disepakati,” ujar Dwi, di Kompleks Kementerian ESDM.

Sementara itu, dia menuturkan, untuk perubahan harga BBM subsidi yang akan ditetapkan setiap enam bulan sekali, masih dalam pembahasan lebih lanjut dengan pemerintah.

“Tadi seperti saya bilang, kami kan produksi macam-macam BBM dan itu biasanya kami melakukan cost subsidi di dalam terhadap produk-produk kami. Tentu saja, kami akan diskusi dengan pemerintah mengenai masalah harga,” paparnya.

[sal]
 
 

Silahkan Berkomentar
(Visited 32 times, 1 visits today)
Loading...