Soal Pelihara Jenggot Mengurangi Kecerdasan, Said Agil: Itu Guyon Saja

Posted on

Said Aqil Siradj
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU), Kyai Haji Said Aqil Siradj, mengaku tidak bermaksud menghina atau melecehkan siapa pun terkait pernyataan dia perihal jenggot. Menurut dia, lontarannya mengenai jenggot hanya guyon atau bercanda.

“Itu kan guyon saja. Masalah jenggot itu bercanda,” ujar Said kepada VIVA.co.id di kantor PBNU, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, isu mengenai jenggot ini memicu kontroversi di masyarakat. Pasalnya, orang nomor satu di PBNU itu dinilai melecehkan umat Islam yang merawat jenggot karena dianggap mengurangi kecerdasan. Selain itu, pernyataan Said dinilai bertentangan dengan sunnah Nabi Muhammad yang meminta umatnya untuk merawat jenggot.

Persoalan jenggot ini bermula saat KH Said Agil berkelakar dalam ceramahnya. Ia mengatakan, memanjangkan jenggot merupakan budaya Arab. Untuk itu tidak harus dilestarikan.

Didalam rekaman video yang tersebar di internet, Aqil menyebut jenggot sebatas budaya Arab dan bukan bagian dari syariat Islam.

“Kita ini Islam Nusantara. kita ini bukan Islam Arab. Kita memiliki tipologo sendiri.

   

“Bukan Islamisasi kok. Arabisasi sebenarnya mereka ini. Tidak percaya diri. Kehilangan kepercayaan diri sehingga jadi orang Islam pakaiannya harus seperti Arab. Jenggotnya panjang. Orang Arab jenggotnya lebat. Kalau kita ini kadang liat anak berjenggot itu seperti kesebelasan sepakbola. Jenggotnya hanya ada sebelas helai,” kata Said disambut gelak tawa hadiri yang menghadiri ceramah.

Jenggot, kata Said, juga menghilangkan kecerdasan lantaran unsur-unsur yang dibutuhkan otak untuk mendukung kecerdasan terserap oleh jenggot.

“Coba lihat Gus Dur tidak berjenggot, Nurcholis Madjid tidak berjenggot, Pak Quraish Shihab tidak berjenggot. Yang cerdas-cerdas enggak ada yang berjenggot. Tapi Kalau berjenggot emosinya saja meledak-ledak. Geger otaknya, karena syarat yang untuk mensuport otaknya supaya cerdas ketarik oleh jenggot itu,” sambung Said.

Bagian penutup dari ceramah Aqil yang diulang-ulang dalam rekaman video ini ialah, “Semakin panjang jenggot semakin goblok”.

Berikut rekaman video Aqil soal hinaan bagi tokoh berjenggot:

[jks]
 
 

Silahkan Berkomentar
(Visited 132 times, 1 visits today)
Loading...