gambar: google

20 Ide Peluang Usaha Sampingan tuk Karyawan dengan Modal Kecil

Posted on

Inilah 20 ide dan peluang usaha juga bisnis sebagai pekerjaan sampingan bagi karyawan (pekerja) swasta (pabrik) dengan modal kecil atau terjangkau. Usaha sampingan untuk karyawan dengan modal kecil jika dilakukan, berpotensi menambah penghasilan Anda setiap bulan. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang dan tenaga serta waktu dalam menjalankannya.

Pastinya, pekerjaan sampingan ini bisa juga dilakukan profesi selain karyawan. Siapakah saja mereka? Ya, Ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu dirumah. Daripada waktu habis menonton acara televisi, mending para ibu mengerjakan bisnis sampingan dengan modal kecil. 

Perlu dipahami, diera ‘hukum ekonomi’ yang berlaku sekarang ini. Kita seperti dipaksa untuk menjadi orang yang berkecukupan secara finansial. Sementara profesi kerja yang kita tekuni saat ini belum (sebagian karyawan) merasakan hidup sejahtera. Maka, mau tidak mau, jika kita mau punya penghasilan lebih, sangat disarankan membuka usaha sampingan yang menguntungkan.

Jangan salah! Usaha yang akan diulas ini, juga berpotensi mengalahkan jumlah penghasilan Anda sebagai karyawan. Anda percaya?

Simak 20 peluang usaha kerja sampingan untuk karyawan dengan modal kecil dibawah ini.

  1. Kerjasama Dengan Google
Google Adsense. foto: google
Google Adsense. foto: google

Jenis kerjasama dengan Google ada beberapa jenis, dan salah satunya adalah menjadi publisher di Google Adsense. Anda akan memperoleh uang setiap bulan berdasarkan jumlah minimal pembayaran.

Untuk tahapan teknis, Anda bisa cari panduan di mesin pencari google atau bisa juga mencari buku panduan di toko buku terdekat di kota tempat Anda tinggal. Jika malas datang ke toko buku (karena macet), silahkan Anda belanja buku secara online. Pesan, kirim uang dan buku sampai dirumah.

Pengalaman teman-teman yang sudah lama menjadi publisher Google Adsense, cukup menggiurkan penghasilan (dollar) yang mereka dapatkan setiap bulan. Bahkan ada yang sampai ribuan dollar perbulan.

Perlu diingat, jadi publisher di Google Adsense, waktu kerja Anda sebagai karyawan tidak terganggu. Apalagi jika profesi Anda sebagai ibu rumah tangga. Cukup sisihkan waktu 2 jam/ hari atau terserah Anda.

Modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar alias modal kecil. Beli domain sekitar 100 ribu, hosting bisa pakai yang gratis.

  1. Jadi Penulis

Di dunia internet tidak sedikit orang yang bekerja sebagai penulis. Mereka cukup bekerja di depan laptop atau komputer saja. Apakah menjadi jasa penulis artikel, berita, review produk, dan yang lain – lain.

Berapa pendapatan menjadi seorang penulis?

Semua ini tergantung apa yang ditulis dan tulisan itu pesanan siapa. Jika yang pesan tulisan adalah seorang pejabat atau pengusaha, bukan tidak mungkin bayarannya akan gede banget.

Nah, bagi Anda yang kurang pede dalam menulis, janganlah berkecil hati. Anda masih ada waktu untuk belajar dan belajar. Panduan menulis sangat banyak ditemukan di internet. Jadi, jika Anda ingin belajar menulis, maka semua itu tidak ada yang mustahil.

  1. Jadi Agen Online

Saat ini, ada banyak perusahaan online yang mencari agen untuk memasarkan produknya. Anda bisa join dan menjual produk mereka. Dari hasil penjualan tersebut, Anda mendapat sebagian keuntungan.

Contohnya, jadi agen properti atau sepeda motor online. Anda bisa lakukan perjanjian dengan pihak penjual supaya Anda punya kewenangan (hak dan kewajiban) menjual produk mereka yang kesemuanya dilakukan secara online.

Di era perkembangan teknologi sekarang ini, hampir semua transaksi dilakukan secara online. Dan Anda cukup didepan laptop atau komputer untuk mengerjakannya.

  1. Jual Pulsa

Pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok bagi hampir semua warga Indonesia. Baik pulsa untuk paket telpon atau sms serta paket internet. Tak jarang, satu orang memiliki atau memakai dua smartphone yang masing-masing smartphone punya tersedia dua lokasi kartu, GSM atau CDMA.

Keluarga Anda, teman Anda serta lingkungan kerja Anda pasti mereka butuh pulsa. Sehingga dengan mudahnya Anda bisa menjual pulsa. Peluang usaha pulsa masing terus berkembang pesat sampai saat ini. Tidak tahu kapan orang berhenti mengkomsumsi pulsa.

Modal untuk berdagang pulsa pun tidak begitu besar. Bisa Rp. 1.000.000 atau lebih dikit saja. Dari 1 juta yang diputar, jika terjadi 50 x transaksi, maka keuntungan Anda sekitar Rp.50.000 s/d Rp. 100.000 perhari.

  1. Jadi Agen Tiket Pesawat

Kabar baiknya, saat ini Maskapai Penerbangan di bandara tidak lagi menjual tiket. Sekarang penjualan tiket sudah dilepas kepada publik melalui agen – agen resmi. Artinya, maskapai tidak lagi bisa memonopoli harga tiket.

Dan yang lebih mengejutkan lagi, Anda bisa jualan tiket pesawat hanya memakai samrtphone saja. Dikantor, rumah atau dimana saja, Anda bisa menjual tiket pesawat. Tentu saja pekerjaan sampingan ini tidak menganggu pekerjaan Anda, bukan?

Beberapa pilihan untuk menjadi agen tiket pesawat, Anda menggunakan Aplikasi dari Taharrim Entreprise atau MMBC. Kedua aplikasi itu bisa Anda dapatkan dengan cepat, tidak butuh waktu lama. Sehingga transaksi penjualan tiket pesawat bisa segera dilakukan.

  1. Jadi Affiliate

Dewasa ini, banyak jenis affiliate online yang ada di internet. Jadi affiliate di Amazon bisa menjadi pilihan Anda. Kemudian yang harus dilakukan adalah menjual produk-produk yang ada di Amazon. Ada sepatu, handphone, buku, VCD, pokoknya lengkap. Hampir semua kebutuhan sehari – hari manusia ada, walau awal mulanya Amazon adalah toko buku online.

Pengalaman (teman saya) pernah mendapatkan dollar dari Amazon sekitar $2.000 dalam sebulan, di bulan Januari 2013. Dan ia hanya mengeluarkan modal yang sangat sedikit sekali, yaitu modal domain di blogger atau blogspot (platform gratis di google) saja.

Amazon tetap masuk kategori bisnis online (affiliate) yang masih menguntungkan.

  1. Jualan Gorengan

Pastinya, Anda tidak mungkin langsung berjualan. Makanya, sebaiknya Anda memilih pada posisi yang Anda bisa. Apa maksudnya? Misalkan Anda hanya sebagai orang yang mengantarkan gorengan ke tempat-tempat tertentu. Pakai sistem titip saja. Itu jika Anda tidak punya waktu cukup membuat gorengan.

Sekarang ini, ada banyak orang yang sudah menyediakan gorengan untuk siap dijual atau didistribusikan. Nah, Anda tinggal pilih saja sebagai distributor saja.

  1. Berjualan Toko Online

Media Facebook, Twitter, Instagram dan sosial media bisa menjadi sarana Anda menjual produk Anda secara online. Jika Anda punya website atau blog, itu sangat lebih baik.

Misalnya, Anda menjual produk dengan nama website : jualbaju.com atau yang lain. Nama Anda atau nama anak Anda sendiri. Dalam menjalankan toko online, Anda tidak perlu ada toko atau ruko. Cukup bekerja di depan laptop saja.

Mengenaik stok barang, Anda pun tidak perlu menyimpang stok barang yang banyak. Cukup seperlunya saja. karena dalam hal teknis, Anda bisa beli barang saat ada konsumen yang pesan.

Sekedar catatan tambahan, perusahaan Amazon yang saat ini besar, awalnya cuma berjualan toko online melalui grasi rumah saja.

  1. Buka Jasa Les Privat

Mungkin Anda bisa bahasa Inggris atau matematika. Kenapa tidak membuka kursus atau les privat? Profesi ini juga bentuk usaha sampingan untuk karyawan dengan modal kecil.

Menjadi guru les privat tidak perlu modal yang besar karena modal terbesar itu ada di memori pikiran Anda. Dari pada terus terbenam saja, mending Anda salurkan dengan berbagi kepada orang lain. Selain dapat duit, Anda juga mendapatkan pahala dunia dan akhirat. Semoga saja menjadi ilmu yang bermanfaat.

Ayo, mulailah promosi melalui sms, atau media koran. Bisa juga promosi pasang plank didepan rumah Anda “Terima Les Privat” atau tulis kata – kata yang menarik.

  1. Bekerja Sebagai Penerjemah

Teman saya sewaktu menjadi mahasiswa bisa mandiri dengan melakukan pekerjaan sampingan menjadi penterjemah atau penerjemah bahasa. Dan alhamdulillah kuliahnya bisa selesai. Artinya apa? kerja sampingan sebagai penerjemah tidak mangganggu aktifitas kuliahnya, begitu juga dengan karyawan atau ibu rumah tangga.

Terjemahan bisa dari bahasa Inggris ke Indonesia atau sebaliknya. Bisa juga dari bahasa Arab ke Indonesia, Cina ke Indonesia dan bahasa- bahasa lainnya.

Tahukah kamu, bahwa sebagian buku-buku di toko buku adalah hasil terjemahan saja?

Silahkan pikirkan usaha ini dan segera ambil keputusan, akan ditekuni atau pilih jenis usaha sampingan yang lain, yang tidak kalah menarik.

  1. Buka Loket PPOB Listrik

Teman saya menawarkan bisnis buka loket PPOB listrik dengan tanpa modal. Lho kok?

Begini ceritanya, ia adalah distributor loket PPOB listrik yang saat ini fokus mencari mitra yang bernama loket. Jika mitra sepakat kerjasama dengan perjanjian yang berlaku, maka pihak distributor mengucurkan kredit (dana) atau saldo sesuai kebutuhan loket.

Bisnis adalah kepercayaan. Jika kepercayaan sudah terbentuk, maka modal uang (duit) bukan lagi sebagai ukuran penting dalam berbisnis.

Terkait dengan bisnis PPOB, kabar baiknya bukan cuma menyediakan produk penjualan jasa listrik saja, ada banyak produk yang lain yang bisa dijual.

  1. Jualan Kue

Siapa yang tidak suka makan kue? Hampir semua orang suka dengan makanan kue. Bisa dibilang kue adalah makanan nusantara yang tidak pernah lekang dari waktu ke waktu.

Hampir sama dengan bisnis gorengan, dimana Anda tinggal cari posisi yang Anda inginkan. Apakah sebagai tukang buat kue atau memilih peran sebagai tukang distribusi ke tempat penjualan, kedai grosir sampai ke IndoMaret atau Alfamart. Bahkan, sekelas Carefour sendiri sudah menyediakan etalase untuk produk-produk milik UMKM. Meski pembayarannya harus pakai giro berjalan 3 bulan.

  1. Buka Usaha Loundry

Bisa dibilang usaha loundry adalah bisnis yang akan terus hidup. Karena setiap manusia akan terus memakai pakaian yang pakaian itu akan kotor usai dipakai. Mencuci pakaian-lah jadi pilihan jika pakaian sudah kotor. Dan tidak semua orang punya waktu untuk mencuci pakaian sendiri. Ada yang pakai pembantu rumah tangga, tapi tidak sedikit yang menyucikan bajunya ke jasa loundry terdekat.

Anda tidak harus punya mesin cuci atau tukang gosok berbisnis loundry. Karena saat ini, ada banyak jasa loundry yang siap bekerjasama. Dimana Anda hanya sebagai loket penerimaan pakaian kotor saja, dan yang mencuci dan menggosok, sudah ada pihak tersendiri.

Dengan begitu, modal yang dikeluarkan tidaklah besar. Karena anggaran mesin cuci atau produksi bisa dipangkas. Anda hanya fokus menyediakan toko dan pekerja.

  1. Jualan Parfum

Pada acara disebuah seminar Teknopreneur. Seorang peserta bertanya sekalian curhat bisnis yang sudah lama dijalankannya. Bisnis jualan parfum bisa dikerjakannya selain ia berprofesi sebagai seorang dosen.

Yang menarik adalah, cara kerja bisnis banyak menghemat biaya dari produksi sampai penjualan kepada konsumen. Produksi dikerjakan oleh pihak lain, sedang penjualan, ia tidak menyewa toko. Metode titip di tempat tertentu dilakukannya sebagai pilihan yang efektif. Mengapa?

Pertama, sang dosen paham bahwa waktu yang dimilikinya tidak banyak. Karena harus mengajar di kampus. Kedua, dengan sistem bisnis titip parfum, ia tidak ada kewajiban harus buka toko setiap hari. Jika ada waktu luang, maka ia sempatkan untuk menge-cek parfumnya ditempat penitipan yang bisa dilakukan sambil pulang dari mengajar.

Bagi Anda yang masih karyawan, Anda pun bisa melakukannya. Sela-sela waktu yang Anda miliki bisa di isi dengan jualan parfum sebagai usaha sampingan untuk karyawan dengan modal kecil. Berani?

  1. Jadi Tukang Bekam

Bekam adalah kebiasaan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Orang yang butuh dengan bekam semakin hari semakin bertambah jumlahnya. Trennya semakin meningkat. Sampai-sampai, ada sepasang suami istri yang memilih hidup menjadi tukang bekam.

Selain butuh keterampilan, usaha sampingan bekam harus dilengkap dengan alat – alat, seperti alat sedot dan suntik, tisu dan perlengkapan lain.

Tarif bekam tidak sama, meski ada harga pasaran. Jika konsumen atau pelanggan kita seorang pejabat, siap – siap kita terima amplopnya yang tebal.

  1. Jasa Design Grafis

Jika Anda mau memilih kerja sampingan menjadi desainer, Anda harus menguasai dua program.

  1. Corel Draw
  2. Photoshop

Di internet banyak panduan seputar kedua tools diatas. Dari mulai artikel, video sampai kursus singkat. Anda pun bisa belajar secara otodidak.

Jasa yang bisa ditawarkan adalah, edit foto, buat spanduk MMT, Neon BOX dan yang lain. Untuk cetak, Anda bisa langsung datang ke tukang cetak terdekat.

  1. Usaha Buat Blog atau Webiste

Orang yang profesinya tukang buat blog atau website adalah orang yang banyak menghabiskan waktu didepan laptop atau komputer. Tinggal pilihannya, mau buat blog untuk diri sendiri atau untuk orang lain.

Buat blog untuk diri sendiri bisa menghasilkan uang dan bikin blog untuk orang lain juga bisa menghasilkan duit. Pilih mana?

Yang pasti dari kedua pilihan itu, bisa dikerjakan paruh waktu dari rutinitas kesibukan Anda sebagai karyawan. Dan modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Dengan modal dibawah 5 juta bisnis bisa berjalan.

  1. Jualan Susu Kedelai

Dengan kampanye hidup sehat, Anda bisa menjual susu kedelai. Hal ini seperti dilakukan oleh teman saya yang bernama Andika yang sudah lama menjalani bisnis susu kedelai dengan sistem titip di kedai atau toko-toko.

Panduan untuk berjualan susu kedelai dengan mudah bisa didapat melalui buku atau internet. Atau Anda bisa langsung belajar kepada mereka yang sudah praktek dalam bisnis tersebut.

Berdasarkan pengalaman dan informasi yang ada, bisnis susu kedelai tidak membutuhkan modal yang banyak. Dibawah 10 juta Anda bisa memulai bisnis kesehatan ini. Bisa disimpulkan, bisnis susu kedelai adalah usaha sampingan untuk karyawan dengan modal kecil yang bisa dilakukan tanpa menggangu waktu kerja.

  1. Bisnis Jaringan

Efek dari kemajuan teknologi, banyak bisnis baru muncul. Salah satunya adalah bisnis jaringan. Artinya, Anda menjalankan usaha berdasarkan jaringan teman, saudara atau teman-teman kantor Anda.

Produk bisnis jaringan pun beragam, ada fisik dan non fisik. Produk dalam bentuk fisik seperti produk kesehatan, teknologi dan yang lain. Sedang produk non fisik bisa berupa asuransi.

Banyak pekerja yang memanfaatkan usaha jaringan untuk pekerjaan sampingan. Waktu yang fleksibel dan modal yang tidak besar menjadi alasan mereka. Dan tidak sedikit mereka yang sukses menjalankan bisnis jaringan.

  1. Usaha Jasa Odong-odong

Sebut saja namanya Pak Man yang berprofesi sebagai guru. Pagi sampai siang, Ia mengajar disekolah dan menjelang malam, ia membuka layanan bisnis odong – odong.

Ia pun tidak langsung turun untuk menjaga usahanya itu. Karena ada pekerja yang di posisikan sebagai operatornya. Dalam sehari, ia bisa mendapat keuntungan Rp.100.000 sampai Rp. 200.000. Lumayan untuk penghasilan tambahan.

Anda pun bisa membuka usaha odong-odong di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda. Pasar odong-odong adalah anak-anak. Jadi selama masih ada anak-anak, selama itu pula bisnis odong-odong masih menjanjikan.

Itulah 20 ide bisnis dan peluang usaha sampingan untuk karyawan atau pekerja yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengganggu waktu kerja.

Perlu diketahui, bisnis tidak selamanya bermodalkan uang. Kejujuran dan ketekunan juga modal yang tidak kalah penting dari sekedar uang.

Silahkan Berkomentar
loading...
(Visited 16,361 times, 75 visits today)
Loading...