Masyarakat Aceh Protes Gambar Cut Meutia Di Uang Baru Tanpa Hijab

Posted on

Polemik terkait desain uang baru yang di keluarkan Bank Indonesia (BI) terus saja ada. Kali ini protes datang dari masyarakat Aceh.

Mereka adalah Konsorsium Peusaba mengecam keras lukisan pahlawan Aceh, Cut Meutia yang dicetak pada lembaran uang kertas terbaru pecahan seribu rupiah tanpa jilbab (hijab).

Ketua Konsorsium Peusaba, Munawardi Usman mengatakan, penggunakan lukisan Cut Meutia pada uang kertas pecahan Rp 1000 itu sangat mencoreng nama baik dan citra wanita Aceh yang sangat menjunjung tinggi adat istiadat Aceh bernafaskan Syariat Islam.

“Kami mengecam lukisan srikandi Aceh, Cut Meutia yang dicetak pada mata uang baru tanpa berjilbab, ini sangat mencoreng nama baik Aceh yang menjunjung tinggi nilai-nilai Syariat Islam,” ujar Mawardi Usman kepada Mediaaceh via telepon seluler, Selasa, 20 Desember 2016.

loading...

Konsorsium yang bergerak aktif dalam bidang sejarah, adat dan budaya Aceh ini menilai, pemuatan lukisan itu tidak sesuai dengan karakter Cut Meutia yang dikenal sebagai srikandi Aceh dan pejuang Islam. Mawardi mendesak kepada pihak Bank Indonesia agar menarik ulang dan menggantinya dengan lukisan Cut Meutia yang berhijab. Hal ini dikatakan Mawardi untuk mencegar peredaran uang kertas ke khalayak publik.

“Kami mendesak kepada pihak Bank Indonesia agar segera menariknya. Tujuannya adalah untuk menghindari sikap mosi tak percaya rakyat Aceh terhadap pemerintah pusat yang secara nyata telah mencoreng nama baik pahlawan Aceh,” ujar Mawardi Usman.
 
 

Silahkan Berkomentar
Loading...
Loading...