[Benar Gak Ya?] Jokowi: Kondisi Indonesia Mirip Era Kebangkitan Korea Selatan

Posted on

Kondisi Negara Indonesia yang terjadi sekarang ini seperti dengan era kebangkitan negara Korea Selatan.

Begitu klaim Presiden Joko Widodo saat membuka Trade Expo Indonesia (TEI) ke-32 Tahun 2017 di Nusantara Hall Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/10), dilansir Rmol.

Jokowi menjabarkan bahwa Indonesia mengalami peningkatan nilai ekspor yang tinggi di 2017. Dibanding periode di tahun 2016 lalu, nilai ekspor Indonesia hingga Agustus 2017 mencapai 108,79 miliar dolar AS atau meningkat sebesar 17,58 persen. Selain itu, ekspor non migas juga mengalami peningkatan mencapai 98,76 miliar dolar AS atau naik 17,73 persen.

“Bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2016, naiknya lumayan tinggi,” ujar Jokowi.

Indonesia, lanjutnya, juga naik 5 peringkat di banding tahun 2016 dalam indeks persaingan global atau Global Competitiveness Index. Tahun ini, Indonesia bertengger di peringkat ke-36 dari 137, padahal tahun lalui Indonesia berada di peringkat 41.

“Menurut World Economic Forum, kondisi Indonesia ini sama seperti yang dialami Korea Selatan (Korsel) saat pertama bangkit menuju negara industri dunia,” sambung Jokowi.

Kerjasama antara eksportir, swasta, dunia usaha dengan pemerintah, dan pembangunan infrastruktur disebut Jokowi sebagai faktor yang mendorong peningkatan tersebut.

Lebih lanjut, dia menekankan agar lagu pertumbuhan ini terus ditingkatkan. Kuncinya ada dua, yaitu ekspor dan investasi juga harus naik.

“Tanpa dua hal ini tidak mungkin perekonomian kita ikut meningkat,” tutupnya.

Silahkan Berkomentar
Loading...